artikel buat CO adjusment guys..
semoga bs membantu... jadi begini mas v-tech,tolong dikoreksi ya kl kurang pas..sy jg newbie yg baru belajar pegang boxie nih hehehe :
tool sederhana yg mst kita punya :
1. multimeter/avometer digital,kenapa harus digital?krn biar lebih akurat dalam menghitung ratio lambda-nya
2. kunci L 3 mm
langkah"nya :
sebelum mencoba langkah" dibawah ini check dl tegangan AKI,sy akan pakai patokan tegangan aki 13.6 V buat acuan..
1. buka kap mesin,temukan diagnostic connector, posisi disebelah kanan belakang ABS ato deket sama CDI
2. buka penutup socketnya
3. siapkan avometer lengkap dengan kabel merah (+) dan hitam (-)
4. masukkan kabel merah ke pin #3 (pin #3 adalah connector untuk lambda ratio yg menunjukkan lambda on/off signal)
5. masukkan kabel hitam (-) ke pin 2 sebagai massa
6. setelah itu hidupkan avometernya dan kontak di posisi ON (jgn dihidupkan dl enginenya)
7. baca yg tertera di avometer,misalnya:
semisal terbaca 4V : nah dari angka itu 4 V/13.6 V = 0.294
lalu 1 - 0.294 = 0.706 x 100% = kurang lebih 71%
angka 70% menunjukkan duty cyclenya (walau engine blm hidup) yg artinya 70% udara 30% fuel (which is lean mixture ato setelan irit)
nahhh... apa yg terjadi jikalau mesin dihidupkan???
note : untuk setelan lebih ideal,mesin harus pada temperatur normal (80 C) alias engine warm
1. ikutin step 1-6 diatas
2. start your engine
3. coba lihat brp angka yg tertera di avometer (saat idle yah..jgn digas dulu)
4. coba hitung kl ideal mixture semestinya 50%,berapa voltase yg msti tertera di avo?hehe..(kita maen itung"an dikit yuks...)
5. nahhh...kl dah ketemu masukkan kunci L 3mm ke lubang CO adjuster mpe ktm angka yg diinginkan (yahhh nantinya gk bisa langsung pas siy,cmn tetepin standar deviasi 10%an lah)
selamat mencoba yah guys...
Kamis, 16 Februari 2012
artikel buat CO adjusment guys..
Posted by MBCI MALANG CHAPTER Label: News W124 | 0 komentar
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar